2013-01-26

SEQUENCE OF SERVICE FO


Sequence of service
1.       Regestrasi
Terdiri dr unsure: alamat, nationality, passport no., place of issued, tanggal passport dibuat n tgl lahir, tanggal kedatangan, keberangkatan, occupation, coming from, maksud kunungan, sign.
Passport ada 2 macam: A n B
Yng A untuk tamu luar negeri
Semua data di atas diisi olleh tamu
Staff hanya mengisi: room number, type kamar, harga, reservation made by, account.
Yang menghambat staff dalam menghandle tamu adl karena : kaku, saat berhadapan dengan bule, menghandle complain, mencurigai tamu, tidak professional
Cara mengatasinya: tidak bertele-tele(express check in, menyesuaikan kondisi tamu, tamu sudah melakukan reservasi.
2.       Check in
Melanjutkan dr regestrasi di atas, tamu harus menyetujui jika itu telah sesuai dengan kehendaknya, maka tamu tersebut di minta untuk bertangda tangan pada sign.
3.       Payment
Tamu minimal harus melakukan deposit minimum 150% dari harga kamar 1 malam
Room configuration
Tujuan utama :
1.       Untuk memudahkan mencari lokasi kamar
2.       Mengefektifkan layanan dan tugas staff
3.       Membuat tamu lebih nyaman tinggal di hotel
Kode-kode kamar dalam system F.O :
ST : standart room, TW : twin bed room , DB : double bed, KN : king room , QN : queen room, CN : connecting room
Pemberian kunci kamar
Jam c/o : 12.00 , c/I : 14.00
Fungsinya :
1.       Menyalakan lampu selain untuk membuka pintu
2.       Efisiensi listrik ( tamu keluar sehingga harus mencabut card so semuaakan mati kecuali mini bar )
Pengantaran tamu ke kamar : khusus untuk tamu VIP biasanya GRO langsung mengantarnya, diusahakan untuk melakukan taking care of the guest yaitu mengajak ngobrol tamu pada saat mengantar tamu ke kamar.
Aktivitas transaksi oleh tamu:
·         Berpusat di FO
·         Hal yang termasuk transaksi : akomodasi, minibar, pay tv, laundry, telepon, konsumsi resto n bar, drugstore, fitness centre, business centre, pub n lounge, transportasi, internet, sarana rekreasi
Hub situasional : renang, fitness, (aktivitas tamu selama menginap), membaca diperpustakaan, makan cocktail di lounge, mengikuti keg karyawan ( hub situasioanal adalah kegiatan yang dilakukan oleh tamu tanpa dipungut biaya).
Service directory  (buku)
Adalah sumber informasi utamamengenai petunjuk pelayanan, fasilitas, jam buka, berbagai fasilitas yang diperuntukkan tamu, susunan keseluruhan, hingga tata dan lokasi hotel, tempat menarik, info penting, perihal evakuasi bencana, petunjuk telephone, restaurant dan bar, informasi umum. Biasanya diurut berdasarkan abzad agar mudah untuk   mencarinya.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق